Selasa, 18 Mei 2010

Bahaya Efek Rokok Herbal Bagi Kesehatan

Rokok Herbal adalah rokok yang terbuat dari bahan selain tembakau atau dengan kadar tembakau yang sedikit. Biasanya rokok herbal terbuat dari bahan seperti daun sirih, kayu siwak atau teh hijau. Beberapa produsen lokal mengklaim bahwa rokok herbal menyehatkan.

Produsen rokok herbal mengklaim gejala-gejala seperti tenggorokan kering atau gatal, pusing, mual hingga batuk merupakan tanda-tanda bahwa rokok herbal mulai berkhasiat atau mulai bekerja.



Sebenarnya gejala tersebut secara medis merupakan mekanisme alamiah tubuh dalam menolak benda atau zat asing yang dianggap merugikan bagi tubuh.

Banyak produsen rokok herbal yang beriklam muluk-mulut bahkan menyehatkan tanpa disertai dengan bukti ilmiah. Hal seperti ini jelas merugikan konsumen karena seharusnya rokok apapun serta turunan rokok tembakau harus ada peringatan tentang pengamanan (PP RI No.19 Tahun 2003).

Walaupun rokok herbal terbuat dari bahan yang mempunyai manfaat bagi tubuh seperti daun sirih , madu, teh hijau DLL. Coba diingat-ingat kembali pelajaran kimia di Sekolah Menengah, Reaksi kimia adalah suatu proses alam yang selalu menghasilkan antarubahan senyawa kimia. Bahan-bahan yang seharusnya mempunyai manfaat, apa yang akan terjadi bila dibakar. Tentu saja akan merubah susunan kimia/molekul bahan.

Segala sesuatu yang dibakar akan menghasilkan senyawa yang berbahaya bagi tubuh. Asap yang mengandung zat berbahaya ini akan masuk ke tubuh melalui Paru.

Penelitian tentang rokok herba dimuat dalam Cancer Epidermiology, Biomarkers and Prevention journal, Desember 2009.

Penelitian tersebut dipimpin oleh Stanton A.Glanzt, PhD, dokter serta ilmuwan dari Deparment of Medicine and Cardiovascular Reasearch Institute, University of California, Amerika.

Penelitian yang menelurkan kesimpulan bahwa rokok herbal sama bahayanya dengan rokok biasa. Nikotin menstimulasi rasa nyaman ke otak, rasa nyaman inilah yang membuat para perokok kecanduan.

Om teman saya punya tips ramuan untuk mengurangi kecanduan nikotin, dengan ramuan ini om saya berhasil menguraing bahkan sekarang sudah berhenti merokok.

Caranya:
1.Petik 7 lembar daun sirih hijau dari batangnya.
2.Masukkan 7 daun tersebut kedalam panci/wajan/teflon (bebas).
3.Tuangkan 3 gelas air bening kedalamnya.
4.Taruh panci/wajan diatas api/kompor gas/kompor minyak (bebas).

intinya rebus dan sisakan 1 gelas, minumnya sebelum tidur dan jangan lupa gosok gigi.

Cara ini harus dilakukan dengan disiplin, dan sekurang-kurangnya minuman ramuan sederhana ini selama 7 hari.Om teman saya tersebut berhasil berhenti sama sekali hanya dalam 1 bulan dengan meminum ramuan tersebut.

4 komentar:

joko mengatakan...

Jual rokok herbal 100 %, tanpa efek samping dan ada bukti ilmiahnya, 02745623523

Anonim mengatakan...

saya pikir walaupun ganti rokok herbal. lebih byk tar di dalamnya

dipa mengatakan...

Berarti ... semua yg dibakar akan menjadi racun yah ???

Terima kasih atas tanggapannya :)

raka mengatakan...

@Dipa Tidak semua hasil pembakaran menghasilkan racun, seperti contoh pembakaran H+O2 hasil nya adalah 2H2O dan panas ....
itupun pembakaran dengan tanpa penyalaan eksternal seperti pembakaran mesin.

tetapi hasil pembakaran dari senyawa karbon seperti kertas dll.

Dalam kenyataannya, proses pembakaran tidak pernah sempurna. Dalam gas cerobong dari pembakaran karbon (seperti dalam pembakaran batubara) atau senyawa karbon (seperti dalam pembakaran hidrokarbon, kayu, dll) akan ditemukan baik karbon yang tak terbakar maupun senyawa karbon (CO dan lainnya). Jika pembakaran pada suhu tinggi menggunakan udara (mengandung 78% nitrogen), maka sebagian kecil nitrogen akan bereaksi menjadi berbagai jenis nitrogen oksida (NOx) yang berbahaya

from google senyawa karbon dan pembakaran.