Sabtu, 16 Januari 2010

Tips Beberapa Cara Berhenti Merokok

Tidak terasa sudah lewat 5 bulan sejak terakhir kali menghisap rokok.
Pada awalnya hanya sebatas coba-coba karena pengaruh teman sekolah, entah mengapa sejak kelas 1 smu merokok sudah menjadi kebiasaan. Keluarga saya adalah perokok termasuk nenek dari ayah. Almarhum pamanku pernah berpesan agar jangan jadi orang candu rokok, tapi sendirinya adalah tokoh perokok berat.



Kebiasaan rokok merupakan masalah serius dan tingkat kecanduan rokok adalah sama dengan tingkat candu narkoba dll. Maka dari itu diperlukan suatu cara pintar, cerdas, cermat dan tepat... maksud saya santai tapi juga serius,berkelanjutan dan rutin, sudah mulai bingung? jangan khawatir bingung adalah pertanda anda mulai mengerti, jangan berhenti.

Lalu gimana ceritanya saya bisa berhenti merokok? Ini hanya rangkuman pengalaman membaca
saya di beberapa majalah, inet dll


1.Niat,

Yang penting niat, Walau hanya niat yang sekilas atau samar-samar tidak apa-apa. Baca
sebanyak mungkin pengalaman orang yang berhenti merokok. Tanya sama Mbah Gugel.
Misalnya....
Pak X ," Sejak berhenti merokok saya makan lebih enak... terasa sangat detail dan bla bla..".
Mbah T," Sejak berhenti merokok saya bisa bertahan lama, nenekpun makin bersemangat....".
Mas H," Sejak... angkat 20kilo terasa ringan..".

2.Sadari dan Kenali bahayanya/akibat,

Ada beberapa jenis kasus tertentu, misalnya melanggar atau menyerobot palang kereta berakibat nyawa melayang. Berbeda dengan rokok, efek samping rokok perlu waktu yang lama tapi mematikan. Saya kehilangan beberapa (bukan satu atau dua) anggota kerluarga dan sahabat, karena rokok. Bukannya saya malas melampirkan kandungan bahaya yang terdapat pada rokok, Tanya saja sama paman google sudah banyak yang membahasnya.

3.Pemrogaman otak bawah sadar,

Bisa juga berarti pemrograman kebiasaan berpikir perokok menjadi sebaliknya. Pernah merasa merokok menjadi berasa tidak enak? ingat-ingatlah perasaan itu dan gunakan sebagai alat untuk membantu pemrograman otak bawah sadar anda. Cara yang paling gampang adalah pada waktu menjelang tidur, jangan lupa awali dengan doa dengan keyakinan masing-masing. Ambil nafas panjang dan pejamkan mata anda, dalam hati ucapkan,"SAYA BUKAN PEROKOK, MEROKOK TIDAK ENAK", ulangi kata-kata ini sampai anda terlelap menuju masa depan yang tak pasti. Pemrogaman dilakukan selama 20 hari tanpa jeda, apabila bolong satu kali ulangi
dari awal.

4.Persempit tempat anda merokok

Jangan merokok di sembarang tempat, Merokoklah pada tempat yang telah anda tetapkan sebelumnya lalu persempit batasnya secara perlahan. Misalnya hanya merokok pada saat dirumah lalu dipersempit lagi menjadi hanya merokok di kamar pribadi dst.

5.Pengalih perhatian

Pengalih perhatian juga berguna bagi sebagian orang. Dulu secara tidak sengaja saya pernah bertemu dengan seorang bapak yang menceritakan kisah suksesnya berhenti merokok di sebuah pasar. Kata bapak ini setiap kali merasa kepengen ngrokok dia buat mie instan panas, Kalau saya dulu setiap kali pengen ngrokok saya baca buku yang menarik, kadang saya selingi bersepeda karena sewaktu mengeluarkan energi dan nafas extra merokok menjadi hal yang tidak mengenakkan. Tidak hanya sebatas makanan, sebuah kegiatan juga sangat efektif sebagai pengalih perhatian.

6.Nyatakan perasaan

Menyatakan perasaan anda kepada seseorang bahwa anda akan berhenti merokok akan sangat membantu untuk memperoleh dukungan. Nyatakan perasaan anda ini kepada keluarga terdekat atau teman anda, semakin banyak dukungan semakin bagus.

7.Mengurangi jumlah secara manusiawi

Jangan terlalu dipaksakan, menurut pengalaman saya dulu pengurangan rokok merupakan hal yang gampang-gampang tapi susah. Rahasianya adalah kurangi secara bertahap, saya terakhir merokok adalah dengan dosis 1 batang perhari, Saya dulu termasuk perokok berat dalam sehari 2 bungkus rokok kretek adalah hal lumrah setiap hari.

8.Obat

Ada beberapa orang yang menyarankan penggunaan obat, tapi saya belum pernah mencobanya. Obat jenis ini cara kerjanya biasanya memblokir reseptor otak dan mengurangi rasa nikmat merokok sehingga keinginan merokok dapat ditekan. Penggunaan obat sejenis ini harus dengan resep dokter karena akan menimbulkan efek samping. Sekarang sudah ada fasilitas konsultasi berhenti merokok di puskesmas terdekat.

Berhenti merokok sekarang juga dan rasakan sendiri manfaatnya. Tidak hanya yang akan menuai hasil tetapi juga keluarga anda.

Daftar pustaka dan sumber

www.stopmerokok.com
majalah nirmala/www.nirmalamagazine.com
http://www.blogdokter.net/2008/03/20/cara-sederhana-berhenti-merokok/
http://rokok.komunikasi.org/artikel/quitting.php
http://berhentimerokok.org/
www.berhentimerokok.com
http://www.dechacare.com/Tips-Berhenti-Merokok-I321.html
http://www.hipnoterapi.asia/berhenti_merokok.htm

1 komentar:

ary wibisono mengatakan...

mas raka ,
kaya mau nembak cewe aja mas

nyatakan perasaan hahaha